Cara Praktis Meningkatkan Penjualan Produk Kriya Logam

Produk-produk kriya logam seperti kerajinan tembaga, kerajinan kuningan, cor aluminium merupakan barang-barang yang juga dijual dengan berbagai gaya penjualan. Bahkan di zaman media sosial seperti sekarang ini, instagram juga digunakan sebagai cara meningkatkan penjualan produk logam. Namun apakah para produsen kerajinan kriya logam harus mengikuti tren penjualan melalui sosial media?

Copper Leluhur termasuk salah satu pengrajin kerajinan tembaga dan kuningan yang memiliki produk-produk unggulan seperti pintu nabawi, berbagai interior ruangan dari tembaga dan produk kerajinan tembaga lainnya. Untuk pemesanan berbagai produk yang tersedia maupun kustom, Anda bisa menghubungi melalui kontak yang tersedia di halaman Copper Leluhur.

Tips Meningkatkan Penjualan Produk Kriya Logam

Ilustrasi Peningkatan Penjualan, sumber Majoo
Ilustrasi Peningkatan Penjualan, sumber Majoo

Saat ini ada banyak informasi yang isinya memuat cara meningkatkan penjualan produk, menaikkan omzet penjualan dan informasi sejenis lainnya. Untuk Anda yang bergerak di bidang bisnis kriya logam atau bahkan pengrajin produk kerajinan logam, tidak ada salahnya juga mengetahui berbagai tips seputar cara meningkatkan penjualan untuk produk-produk logam karya sendiri. Nah, berikut beberapa tips yang bisa Anda praktikkan.

1. Tawarkan Produk Unggulan

Dalam setiap proses produksi, terdapat produk-produk yang menjadi unggulan yang bisa menjadi cara meningkatkan penjualan. Misalnya yang menjadi ciri khas dari asal daerah produsen. Selain itu, bisa juga produk unggulan yang merupakan produk yang paling banyak dicari oleh konsumen pada bisnis Anda. Nah, Anda pasti mengetahui seputar produk unggulan yang Anda miliki.

Menawarkan produk unggulan dapat memupuk kepercayaan bagi pelanggan karena keunggulan yang tampak pada produk. Sehingga konsumen dapat mengenali daya tarik bisnis Anda secara langsung setelah melihat produknya. Selain itu, menawarkan produk unggulan juga memudahkan para pebisnis.

Sebagai contoh misalnya, Copper Leluhur. Pengrajin tembaga dan kuningan yang berada di sentra kerajinan tembaga dan kuningan di Boyolali ini memiliki banyak sekali produk yang termasuk ke dalam berbagai kategori mulai dari interior hingga eksterior bangunan, pernak-pernik, peralatan dapur dan berbagai kategori lainnya. Di mana setiap kategori memilik macam-macam produk tersendiri.

Lantas, dengan banyaknya produk tersebut rasanya tidak mungkin untuk membuat penawaran secara keseluruhan dengan informasi yang cukup. Karena itu, produk yang paling sering ditawarkan hanya seputar produk unggulan yang banyak peminatnya, salah satunya kerajinan pintu Nabawi. Pelanggan dapat mengetahui detil seputar produk ini dan melihat kualitasnya secara langsung.

Pengrajin Tembaga, sumber : Copper Leluhur
Pengrajin Produk Kriya Logam Tembaga dan Kuningan, sumber : Copper Leluhur

2. Riset Kebutuhan Pelanggan

Apakah Anda menjual produk yang tidak menjadi kebutuhan konsumen? Hal ini penting untuk diketahui dapat menjadi cara meningkatkan penjualan. Karena tentu saja mindset kreasi pengrajin akan berbeda dalam beberapa hal dengan kebutuhan konsumen. Jika bagi pengrajin suatu produk bisa bermanfaat atau diperlukan, belum tentu bagi konsumen.

Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa melakukan riset kebutuhan pelanggan. Melakukan aktivitas ini sebenarnya tidak sulit. Salah satu yang bisa dilakukan misalnya mencari informasi di pasar tentang apa yang paling laku seputar produk dari bisnis Anda. Selain mencari informasi secara langsung di pasar, Anda juga dapat melakukan riset kebutuhan pelanggan dari platform digital seperti website dan media sosial.

Setelah didapatkan informasi yang cukup seputar apa yang dibutuhkan pelanggan, Anda atau pengrajin dapat berkreasi membuat produk yang dibutuhkan namun dengan berbagai keunggulan yang bisa dibuat. Dengan begitu, Anda telah mengambil peluang yang bagus dalam memproduksi produk.

3. Lakukan Promosi yang Optimal

Dibagian promosi ini Anda tidak boleh ketinggalan. Maksudnya tidak boleh ketinggalan bukan hanya karena tidak mengikuti trend terkini, namun juga berupaya optimal agar promosi yang dilakukan dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Lantas, seperti apa promosi yang optimal yang mampu meningkatkan penjualan produk?

Dalam situs-situs marketing, semua teknik promosi disarankan untuk dilakukan. Mulai dari promosi langsung maupun promosi melalui berbagai platform lain seperti internet. Namun ini bisa saja memakan biaya yang tidak perlu jika seandainya tidak berdampak.

Langkah yang tepat adalah pastikan dari mana saja sumber pelanggan Anda. Jika memang media sosial belum cocok untuk produk yang Anda tawarkan, maka media sosial dipandang tidak optimal. Namun jika ternyata promosi melalui media sosial malah mendatangkan lebih banyak konsumen, maka jangan ragu untuk menggunakan jasa admin media sosial untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

4. Berikan Layanan Terbaik

Replika Pintu Nabawi, sumber : Copper Leluhur
Replika Pintu Nabawi, sumber : Copper Leluhur

Tidak berhenti sampai proses promosi saja, namun buat pelanggan Anda merasakan nikmatnya berinteraksi bisnis bersama Anda sehingga dapat meningkatkan penjualan. Karena itu, perlu dipikirkan bagaimana agar layanan yang diberikan bisa menarik pelanggan lebih banyak lagi. Anda-lah yang memahami layanan seperti apa yang terbaik bagi bisnis yang Anda jalankan.

Misalnya, banyak pelanggan yang kurang mengerti teknis pemesanan produk-produk logam. Apalagi produk logam yang belum tersedia dan harus dibuat berdasarkan pesanan. Lantas, Anda memberikan paket pesanan yang berisi informasi atau bahkan menjadi kostumer servis yang memudahkan pelanggan menikmati layanan pemesanan produk bisnis Anda. Mudah dalam pelayanan adalah salah satu keunggulan dalam berbisnis.

5. Ciptakan Repeat Order

Repeat order atau pengulangan pemesanan, pengulangan pembelian adalah salah satu kunci untuk meningkatkan penjualan produk. Karena itu, pastikan pelanggan dapat kembali lagi memesan produk kriya logam kepada Anda karena merasakan berbagai hal seperti pelayanan yang baik dan produk yang berkualitas. Tanpa repeat order, bahkan banyak bisnis-bisnis tutup karena sepi setelah pemesanan pertama.

Itu dia 5 tips untuk meningkatkan penjualan produk dalam bisnis Anda. Apakah Anda pernah mempraktikkan beberapa tips di atas? Semoga informasi ini dapate memberikan manfaat untuk Anda. Simak terus berbagai informasi lainnya seputar kerajinan tembaga dan kuningan.

Leave a Comment

WhatsApp chat