Paduan Aluminium dan Produknya : Bisa Dipadukan Dengan Tembaga

Paduan Aluminium – Aluminium merupakan logam yang paling banyak keberadaannya di kerak bumi. Selain itu, material ini termasuk unsur ketiga paling banyak setelah oksigen dan silikon.

Aluminium memiliki sifat yakni tahan terhadap korosi, dikarenakan fenomena pasivasi. Pasivasi adalah pembentukan lapisan pelindung akibat reaksi logam terhadap komponen udara sehingga lapisan tersebut melindungi lapisan dalam logam dari korosi.

Aluminium murni adalah logam yang lunak, tahan lama, ringan, mudah ditekuk, dan bisa ditempa. Bahan satu ini juga mempunyai berat sekitar satu pertiga baja. Sifat resistansi terhadap korosi dari aluminium terjadi akibat fenomena pasivasi, yaitu terbentuknya lapisan aluminium oksida ketika aluminium terpapar dengan udara bebas.

Lapisan aluminium oksida ini mencegah terjadinya oksidasi lebih jauh. Adapun aluminium paduan dengan tembaga kurang tahan terhadap korosi akibat reaksi galvanik dengan paduan tembaga.

Selain tahan terhadap korosi, aluminium juga merupakan konduktor panas dan elektrik yang baik. Jika dibandingkan dengan massanya, aluminium memiliki keunggulan dibandingkan dengan tembaga, yang saat ini merupakan logam konduktor panas dan listrik yang cukup baik, namun cukup massanya lebih tinggi.

Mengenal Paduan Aluminium

Ilustrasi Paduan Aluminium
Ilustrasi Paduan Aluminium, Sumber : Niki Four

Paduan Aluminium (Aluminium Alloy) adalah paduan logam Aluminium dengan bahan lain. Aluminium merupakan bahan yang memiliki keunggulan dalam konduktivitas. Namun, Aluminium murni juga mempunyai beberapa kekurangan.

Oleh sebab itu, Aluminium Alloy dibutuhkan untuk mendapatkan karakter bahan tertentu sehingga bisa digunakan sesuai tujuan yang diharapkan.

Di antara bahan-bahan yang sering digunakan dalam paduan aluminium yaitu titanium, nikel, tembaga, magnesium, silikon, boron, timbal, bismut, dan seng. Setiap bahan tersebut menghasilkan karakter khas saat dipadukan dengan Aluminium.

Contohnya, paduan Aluminium dengan titanium akan menghasilkan bahan yang kuat dan lebih tahan beban. Di sisi lain, perpaduan aluminum dengan boron akan menghasilkan material dengan konduktivitas listrik yang tinggi.

Paduan dengan Tembaga

Paduan aluminium-tembaga akan menghasilkan sifat yang keras dan kuat, namun rapuh. Umumnya, untuk kepentingan penempaan, paduan tidak boleh memiliki konsentrasi tembaga di atas 5,6% karena akan membentuk senyawa CuAl2 dalam logam yang menjadikan logam rapuh.

Produk Aluminium Alloy

Dengan berbagai macam bahan atau material yang bisa dipadukan dengan Aluminium, karakteristik paduan aluminium menjadi sangat beragam pula. Hasilnya, dengan memilih jenis paduan yang tepat, paduan ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan.

Berikut ini berbagai produk yang dapat dihasilkan dari aluminium alloy. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Aluminium Foil

Ilustrasi Aluminium Foil
Ilustrasi Aluminium Foil, Sumber : Catatan Mini

Bahan ini tentu sudah familiar bagi ibu rumah tangga ataupun praktisi dapur lainnya. Aluminium foil sering digunakan dalam berbagai pemrosesan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Bagian aluminium foil yang berkilau merupakan lapisan yang terbuat dari paduan aluminium.

Sifat aluminium foil yang rapuh menunjukkan sedikitnya campuran dalam paduan aluminium yang digunakan. Pada umumnya, lapisan aluminium foil mengandung 99% lebih bagian aluminium atau mendekati aluminium murni. 

2. Aneka Bahan Konstruksi

Aluminium Alloy bisa digunakan sebagai bahan pembuat aneka bahan bangunan, seperti pipa bangunan, kawat, paku, rangka bangunan, dan aluminium lembaran. Tidak hanya bermanfaat untuk bahan pembuat bahan bangunan rumah dan gedung saja, aluminium alloy pun juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembentuk material konstruksi jalan. 

3. Berbagai Tempat Penyimpanan

Berbagai tempat penyimpanan bisa terbuat dari bahan aluminium alloy. Contohnya, tangki penyimpanan nitrogen cair, tangki minyak, toren air, dan juga koper tangki udara dalam peralatan menyelam.

4. Kabel Listrik

Jika bahan aluminium dipadukan dengan logam boron, konduktivitas material terhadap listrik akan semakin meningkat dengan pesat.

Oleh karena itu, paduan Aluminium dengan boron sering dimanfaatkan untuk pembuatan kabel listrik. Adapun paduan lain yang biasa ditemukan untuk kabel listrik yaitu Aluminium dengan besi dan Aluminium dengan tembaga. 

5. Mesin dan Peralatan Pabrik

Sifat aluminium alloy yang tahan terhadap korosi membuat perawatan barang berbahan aluminium relatif lebih mudah. Sifat ini tentu sangat bermanfaat ketika material ini digunakan sebagai material pembuat mesin dan berbagai peralatan pabrik. Biaya perawatan pun bisa ditekan dan akan berpengaruh pada penghematan biaya produksi.

6. Peralatan Dapur

Peralatan Makan Logam, sumber : Kompas.com
Peralatan Makan Perak, sumber : Kompas.com

Aluminium dikenal sebagai konduktor panas yang baik. Oleh karena itu, peralatan dapur berbahan logam aluminium akan cepat merambatkan panas sehingga makanan yang dimasak bisa relatif lebih cepat matang.

Aluminium yang digunakan dalam peralatan dapur sejatinya merupakan jenis aluminium alloy. Untuk penggunaan tersebut, AA5052 bisa menjadi pilihan. Bahan ini memadukan Aluminium dengan magnesium dan kromium.

7.  Rangka Kendaraan

Paduan aluminium sudah banyak dimanfaatkan untuk membuat rangka kendaraan, seperti pesawat terbang, kapal laut, mobil, dan sepeda. Dalam rangka menghasilkan rangka kendaraan yang baik, diperlukan bahan atau material yang kuat, mudah ditempa, dan memiliki ketahanan korosi.

Material tersebut dapat dihasilkan dengan memadukan logam aluminium dengan mangan. Paduan ini biasa disebut sebagai aluminium alloy seri 5XXX, contohnya AA5083. Adapun untuk pembuatan rangka pesawat terbang, biasanya digunakan AA7075.

8. Smartphone

Saat ini, produsen smartphone mulai melirik pemanfaatan aluminium alloy sebagai material yang bisa dijadikan bahan baku. Dengannya, diharapkan dapat tercipta smartphone yang ringan namun kuat.

Penggunaan paduan aluminium juga ditujukan untuk mendukung penyebaran panas secara merata. Dengannya kinerja ponsel tidak mudah terganggu akibat panas yang terpusat.

Selain itu, aluminium alloy yang tahan karat serta memberikan tampilan metalik menjadi pertimbangan yang memberikan “value” pada smartphone. Biasanya, dipilih aluminium alloy dari perpaduan magnesium untuk kebutuhan ini.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa produk dari paduan aluminium yang perlu Anda ketahui. Secara ringkas, bisa disimpulkan bahwa aluminium dapat digunakan dalam berbagai bidang industri, dari otomotif, pabrik, bangunan, hingga industri makanan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a Comment

WhatsApp chat