Inilah Manfaat Tembaga Untuk Kesehatan

Tembaga adalah salah satu bukti kemajuan peradaban manusia. Zaman praaksara yang sering diidentikkan dengan zaman batu beralih ke zaman selanjutnya yaitu zaman logam melalui penemuan tembaga. Karena itu, hingga saat ini manfaat tembaga sebagai salah satu logam begitu banyak diketahui.

Diantara berbagai manfaat tembaga sebagai benda yang keras, siapa sangka jika tembaga juga bermanfaat untuk kesehatan? Bagaimana mungkin? Apakah tembaga bisa dikonsumsi oleh manusia? Hal ini menjadi pembahasan yang menarik.

Sejarah tembaga

Logam Tembaga, sumber : Macmillan Dictionary Blog
Logam Tembaga, sumber : Macmillan Dictionary Blog

Sekitar masa 8000 tahun sebelum masehi tembaga sudah diambil dari sumbernya yaitu bumi dan dibuat menjadi peralatan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Kejadian ini terjadi pada zaman batu yang akhir kemudia beralih menjadi zaman logam, dimana logam mulai dimanfaatkan untuk menopang aktivitas manusia sehari-hari.

Seiring dengan perkembangan zaman, kemudian tembaga dicampur dengan timah sehingga menjadi logam lainnya yang disebut dengan perunggu. Sehingga zaman tembaga kemudian berakhir dan beralih menjadi zaman perunggu. Kejadian ini terjadi sekitar 3000 tahun sebelum masehi. Di Indonesia sendiri, peradaban logam baru ada sejak zaman perunggu.

Tembaga termasuk salah satu logam yang lunak, mudah dicetak dan dibentuk; tahan terhadap korosi; dan dikenal sebagai penghantar panas/listrik yang efisien. Oleh karena itu, tembaga sangat penting bagi manusia pada zaman dulu dan terus menjadi bahan pilihan untuk berbagai aplikasi rumah tangga, industri, dan teknologi tinggi hingga saat ini.

Saat ini tembaga digunakan dalam konstruksi bangunan, pembangkit listrik dan transmisi, industri pengolahan elektronik dan industri pembangunan transportasi. Kabel dan pipa tembaga adalah bagian integral dari sistem pemanas dan pendingin, dan jaringan telekomunikasi yang sering digunakan dalam rumah tangga maupun komoditi bisnis.

Tembaga merupakan komponen penting dalam motor, kabel, radiator, konektor, rem yang digunakan dalam mobil dan truk. Mobil rata-rata menggunakan 1,5 kilometer (0,9 mil) kawat tembaga, dan jumlah total tembaga berkisar antara 20 kilogram (44 pon) pada mobil biasa dan 45 kilogram (99 pon) pada mobil mewah dan hybrid.

Manfaat tembaga bagi kesehatan

Ilustrasi Kesehatan Tulang Belakang, sumber : BeritaHati.com
Ilustrasi Kesehatan Tulang Belakang, sumber : BeritaHati.com

Dari berbagai manfaat tembaga di atas yang pengaplikasiannya banyak untuk peralatan dan benda-benda yang keras, bagaimana mungkin tembaga bisa bermanfaat untuk tubuh manusia? Apakah dengan cara mengkonsumsinya?

Tentu saja tidak dikonsumsi dalam bentuk logam. Tembaga bisa diproduksi dari sumbernya hingga menjadi berbentuk mineral. Mineral inilah yang kemudian dapat dikonsumsi bagi tubuh manusia. Tentu saja setelah melalui diagnosa dan penetapan dosis oleh para ahli seperti dokter dan ahli farmasi. Berikut manfaat tembaga untuk kesehatan yang dikutip dari situs sehatq.com.

1. Memelihara kesehatan jantung

Penyakit jantung dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti kolesterol tinggi maupun kondisi hipertensi. Kadar tembaga yang tidak tercukupi, dipercaya ahli berkaitan dengan kondisi-kondisi pemicu gangguan jantung tersebut.

2. Mencegah osteoporosis

Mineral yang berperan dalam memelihara kesehatan tulang tak hanya kalsium. Para ahli meyakini, tembaga juga berkontribusi dalam proses tersebut, sehingga kadar tembaga yang terlalu rendah, dikaitkan dengan kepadatan tulang rendah maupun risiko osteoporosis. Walau begitu, riset lanjutan mengenai mekanisme hubungan sebab-akibat antara defisiensi tembaga dengan kesehatan tulang, masih diperlukan.

3. Mendukung produksi kolagen

Kolagen adalah salah satu zat pembangun utama bagian tubuh, seperti tulang, kulit, tendon, dan ligamen. Salah satu manfaat tembaga adalah memelihara kolagen. Para ahli percaya, kadar tembaga yang tidak tercukupi, dapat memicu tubuh kesulitan dalam mengganti kerusakan kolagen.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Apabila kadar tembaga terlalu sedikit dari makanan yang dikonsumsi, Anda berisiko untuk mengalami neutropenia. Neutropenia adalah kondisi dimana jumlah neutrofil rendah yang merupakan bagian dari sel darah putih.

5. Memiliki sifat antioksidan

Tembaga juga merupakan mineral, yang dapat bertindak sebagai molekul antioksidan. Molekul antioksidan berperan untuk melawan radikal bebas berlebih, yang menjadi pemicu penyakit termasuk kanker.

Selain manfaat tembaga di atas, mineral ini juga memiliki beberapa fungsi lain. Fungsi lain tersebut antara lain membantu produksi sel darah merah, regulasi detak jantung, serta penyerapan zat besi. Tak hanya itu, tembaga juga berperan dalam pencegahan peradangan kelenjar prostat pada pria.

Makanan yang Mengandung Tembaga, sumber : Sains Kimia
Makanan yang Mengandung Tembaga, sumber : Sains Kimia

Akibat kekurangan tembaga

Setelah mengetahui berbagai manfaat mineral tembaga bagi kesehatan, ternyata terdapat efek apabila tubuh manusia kekurangan zat yang satu ini. Mengetahui efek dari kekurangan tembaga ini dapat membantu kita untuk mengetahui kebutuhan tembaga bagi tubuh kita. Berikut efek dari kekurangan tembaga.

  1. Cacat genetik akibat gangguan metabolisme tembaga, atau dikenal sebagai sindrom Menkes
  2. Masalah pada penyerapan zat tertentu bagi tubuh
  3. Asupan suplemen vitamin C dan mineral yang terlalu tinggi
  4. Beberapa gangguan pada saraf, seperti peradangan pada saraf optik

Sumber asupan tembaga

Untuk memenuhi kebutuhan tembaga bagi tubuh, tentu saja bukan dengan cara mengkonsumsi tembaga dalam bentuk logam yang keras. Jika familiar dengan bagaimana kebutuhan manusia terhadap kalsium, sebenarnya konsumsi tembaga dan kalsium ini sama, yaitu didapat dari beberapa jenis makanan. Berikut ini makanan yang mengandung mineral tembaga didalamnya :

  1. Tiram
  2. Gandum utuh
  3. Kacang-kacangan
  4. Kentang
  5. Kokoa atau bubuk cokelat
  6. Paprika hitam
  7. Hati

Sehingga untuk memenuhi kebutuhan harian, pastikan Anda mengkonsumsi beberapa jenis makanan di atas. Mengkonsumsi dalam bentuk makanan di atas lebih aman dibandingkan dalam bentuk obat-obatan kimia.

Itu dia beberapa informasi seputar berbagai manfaat tembaga untuk kesehatan. Semoga informasi ini bisa menjadi wawasan menarik dan referensi tambahan untuk Anda. Simak terus ulasan seputar tembaga dan kerajinan tembaga di halaman website copper leluhur.

Leave a Comment

WhatsApp chat