Menarik Diketahui, Ternyata Inilah Jenis Meja

Salah satu furniture yang paling ramai dicari adalah meja. Meja dan kursi biasanya menjadi pasangan serasi agar ruangan menjadi lebih berfungsi dan menarik. Namun tahukah Anda bahwa terdapat beberapa jenis meja dengan fungsinya masing-masing?

Copper leluhur adalah pengrajin tembaga di Boyolali yang memproduksi berbagai furniture tembaga dan kuningan. Selain furniture, copper leluhur juga memproduksi berbagai perabotan dan benda lainnya yang dapat dibuat dari tembaga dan kuningan. Salah satu produknya adalah meja tembaga dengan berbagai bentuknya.

Definisi Meja

Sebelum melihat berbagai jenis meja yang ternyata sering kita temui namun jarang kita ketahui, tidak ada salahnya kita mengetahui dengan jelas definisi asal dari furniture ruangan satu ini. Nah, apakah Anda sudah pernah mengetahui sebelumnya sebenarnya dari mana kata meja berasal dan apa definisinya?

Meja Makan, sumber Desain Rumah
Meja Makan, sumber Desain Rumah

Kata meja merupakan serapan dari bahasa Portugis, mesa. Kata mesa sendiri berakar dari kata mensa dalam bahasa Latin. Meja adalah sebuah mebel atau perabotan yang memiliki permukaan datar dan kaki-kaki sebagai penyangga, yang bentuk dan fungsinya bermacam-macam.

Saat ini, meja ada dalam bermacam-macam bentuk. Ada meja yang berbentuk persegi panjang, persegi, bulat, dan elips. Masing-masing bentuk meja ini memiliki ketinggian yang disesuaikan dengan kursi yang dipasangkannya.

Jenis Meja yang Pernah Ada

Meja adalah furniture yang tidak boleh ketinggalan di dalam sebuah ruangan seperti ruang makan, dapur, ruang kerja, ruang belajar, ruang tamu bahkan taman sekalipun. Pasangan serasi dari kursi ini bukan hanya menjadi furniture yang fungsional namun juga dapat menjadi penghias ruangan sehingga tampak estetik. Namun, tahukan Anda bahwa meja sebenarnya bukan sekedar memiliki perbedaan bentuk tetapi memang dibedakan berdasarkan jenis meja untuk setiap fungsinya?

Meja Kerja, sumber Cahaya Depari
Meja Kerja, sumber Cahaya Depari

Memang tidak akan ada yang menyalahkan Anda jika memindahkan meja dari satu ruangan ke ruangan lainnya kemudian menjadikannya sebagai meja untuk berbagai fungsi. Namun sebenarnya sebagaimana yang kita lihat, ukuran besar kecilnya, bentuk sudutnya, kaki meja serta ciri-ciri meja yang berbeda dibuat karena jenis meja berbeda sesuai dengan fungsinya masing-masing.

1. Meja Makan

Jenis meja yang satu ini pasti yang paling dikenali di mana-mana. Karena bisa dikatakan mungkin meja yang pernah ada pertama kali ya, salah satunya adalah meja makan. Meja makan memiliki bentuk yang besar dan lebar karena aktivitas yang menjadi fungsi meja memang menuntut demikian.

Namun saat ini, terdapat jenis meja makan yang minimalis disesuaikan dengan kustom. Misalnya, meja makan yang menempel di dinding salah satunya. Karena itu, bentuk meja makan juga sudah sedikit berevolusi dari waktu ke waktu sebagaimana tempat tinggal manusia yang juga sudah berubah dari waktu ke waktu.

Coffee Table, sumber Rumah 123
Coffee Table, sumber Rumah 123

2. Meja Kerja

Beralih ke jenis meja lainnya yaitu meja kerja. Karena fungsinya, meja kerja didesain agar bentuk dan ukuran dapat memudahkan pekerjaan yang akan dilakukan di meja tersebut. Misalnya ukuran yang dapat ditempati berbagai alat dan perlengkapan kerja. Selain itu, terdapat juga laci dan sejenisnya yang juga diperlukan untuk jenis meja yang satu ini.

Meja kerja dimana-mana dibuat untuk memfasilitasi pekerjaan termasuk memfasilitasi siapapun yang akan berinteraksi dengan pekerjaan tersebut. Sehingga, secara fungsi meja ini dapat menampung 2 hingga 3 orang. Berbeda dengan meja keluarga yang bisa menampung bahkan lebih dari 4 orang disekelilingnya.

3. Coffee Table

Meja Konsul, Inside Out Living
Meja Konsul, Inside Out Living

Jenis meja coffee table adalah jenis yang selama ini diletakkan di ruang tamu atau di ruang keluarga. Bentuk meja yang satu ini memang lebih menonjol estetikanya daripada ukurannya oleh karena fungsinya sebagai pemanis ruangan agar tampak nyaman dan indah. Sehingga terkadang ukurannya sangat kecil namun dikelilingi oleh sofa yang besar di dalam ruangan yang besar.

4. Meja Konsul (Console Table)

Meja konsul atau console table merupakan jenis meja yang tidak berfungsi untuk menemani tempat duduk di sekelilingnya. Berbeda dengan meja makan, meja kerja dan coffee table pada ulasan sebelumnya. Lantas, apa yang dimaksud dengan jenis meja yang satu ini.

Mungkin fungsi meja ini lebih dikenali berdasarkan kultur tempat tinggal yang ada. Namun, sedikit banyaknya kita pasti pernah melihat atau mengenal jenis meja yang satu ini. Yaitu meja yang fungsinya sebagai tempat bagi barang-barang kecil yang bermacam-macam namun dapat diambil atau disimpan kembali dalam waktu yang cepat.

5. Meja Sudut (End Table)

Meja Sudut, sumber Science Centre Delft
Meja Sudut, sumber Science Centre Delft

Hampir sejenis dengan meja konsul, meja sudut atau end table juga bukan meja yang digunakan untuk menjadi teman duduk namun memiliki fungsi yang juga esensial bagi sebuah ruangan. Sehingga pada meja sudut ini memang tidak ada aktivitas yang interaktif. Sehingga tidak pula untuk diletakkan kursi di sekelilingnya.

Kita dapat menemukan ruangan yang hampir tidak ada banyak barang di dalamnya. Namun uniknya terdapat meja khusus di sudut. Atau mungkin pula kita menemukan sejumlah furniture dan dilengkapi meja di sudutnya. Nah, inilah meja sudut.

Pada meja ini bisa saja diletakkan barang-barang yang dibutuhkan pada ruangan. Namun yang lebih sering pada meja ini diletakkan berbagai ornamen atau hiasan seperti vas bunga. Keberadaan meja ini lebih menambah suasana ruangan.

Nah, itu dia ulasan yang ternyata menarik seputar jenis meja untuk diketahui oleh berbagai kalangan. Anda dapat memesan meja yang terbuat dari bahan tembaga dan kuningan yang dikostum atau yang tersedia pada showroom copper leluhur melalui website ini. Kunjungi halaman shop copper leluhur.

Leave a Comment

WhatsApp chat