Cara Memilih Cermin Dinding Hias Untuk Dekorasi Rumah Anda

Anda mulai bosan dengan tampilan interior rumah anda? Ada beragam cara untuk mengubah tampilan interior rumah minimalis anda, terutama ruang tamu atau ruang keluarga. Bisa dengan merubah susunan perabot, mengganti warna cat sampai dengan menambah dekorasi ruangan. Salah satu item dekoratif yang bisa anda pilih adalah cermin dinding hias yang bisa anda dapatkan di toko perlengkapan dekorasi rumah.

Cermin Dinding Hias
Cermin kotak klasik. Sumber Unsplash

Cermin Dinding Hias

Cermin dinding hias sepertinya barang yang dianggap sepele, ia dalam prioritas barang dekoratif nilainya bisa dibawah lukisan atau lampu dinding tembaga. Namun barang satu ini sebenarnya serbaguna. Cermin yang biasanya di pasang di dinding menggunakan sekrup dinding model jangkar ini memang memungkinkan untuk di pasang di lokasi manapun di dalam rumah.

Cermin dinding hias bisa menjadi aset penting saat anda memutuskan untukmendekorasi ulang interior rumah anda. Karena barang dekoratif ini bersifat memantulkan cahaya, maka dapat membantu menyebarkan cahaya pada ruangan yang gelap dan memberi kesan ruangan sempit menjadi luas sehingga menjadi lebih nyaman dan menarik.

Tips Memilih Cermin Dinding Hias

Sebuah cermin dinding bisa menambah tampilan dekoratif ke ruangan. Karena itu ketika anda memutuskan akan memasang cermin dinding, kuncinya adalah memilih cermin yang tepat untuk ruangan anda dan menentukan tampilan seperti apa yang ingin anda ciptakan. Inilah ulasannya !

1. Tujuan Pemasangan Cermin

Sebelum anda benar-benar membeli cernmin dinding, tentu harus dketahui untuk apa anda membeli cermin dinidng hias ? Cermin bisa berfungsi sebagai barang dekoratif ruangan, namun bisa juga difungsikan sebagai alat untuk mengecek penampilan sebelum keluar rumah. Anda harusnya megetahui tujuan memasang cermin di rumah anda.

Fungsi cermin akan menentukan jenis cermin yang akan digunakan. Jika anda membutuhkan cermin untuk memeriksa diri sebelum keluar rumah, cermin dengan ukuran penuh ,memanjang dari atas sampai bawahadalah pilihan yang lebih baik. Sedangkan jika anda ingin memiliki cermin sebagai hiasan, cermin dinding sangat cocok untuk dibeli. Namun ada juga sebagian orang membeli cermin untuk tujuan khusus seperti mengusir roh jahat, sebagaimana daam kepercayaan Tiongkok.

2. Ukuran Cermin

Ukuran cermin yang anda pilih tergantung pada fungsi yang diinginkan. Jika Anda ingin cermin ditempatkan di ruangan yang terlihat sempit, pastikan cermin dinding yang anda beli tersebut berukuran  cukup besar. Cermin ekstra besar memungkinkan untuk membuat ilusi ruang, sehingga cermin besar bisa dijadikan alat untuk memberikan kesan ruangan sempit menjadi terlihat besar.

Dan jika Anda sedang mencari cermin untuk dekorasi ruangan, pilihlah cermin berukuran lebih kecil yang menonjolkan aksen bingkai yang unik. cermin yang berukuran lebih kecil memungkinkan untuk dipasang di ruangan mana saja tidak hanya di ruangan pribadi anda.

3. Bentuk Cermin Dinding

Anda bisa menentukan bentuk cermin dinding menyesuaikan dengan ruangan yang akan di pasangi. Selain itu bentuk cermin akan memberikan kesan tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya. Cermin berbentuk hati akan memberikan kesan bahagia bagi siapapun yang melihatnya. Saat anda memilih cermin dinding, pikirkan tentang suasana ruangan dan kesan seperti apa yang akan anda inginkan.

Cermin yang berukuran lebar menyamping akan menimbulkan kesan rangan terlihat luas, sedangkan cermin yang memiliki bentuk yang tinggi akan memberikan kesan ruangan tinggi. Cermin dengan bentuk persegi atau persegi panjang yang memiliki sudut berbeda akan membantu menegaskan gaya klasik atau tradisional, sedangkan cermin bundar menambah kelembutan.

4. Gaya Cermin

Cermin adalah kaca, namun anda bisa membeli cermin dengan gaya tertentu berdasarkan bingkainya. Bingkai cermin dinding hias yang memiliki aksen unik menegaskan dan menonjolkan cermin sebagai pajangan, sementara cermin dengan bingkai yang datar dan kaku menggambarkan gaya minimalis. Anda bisa memilih cermin sesuai dengan gaya ruangan anda.

5. Warna Cermin Dinding

Jika memilih cermin yang memiliki tujuan dekoratif maka pilihlah cermin yang memiliki tema warna yang sesuai dengan ruangan anda. Bingkai warna dasar hitam, putih atau kayu dapat cocok dengan hampir semua skema tema dekorasi. Logam berlapis emas seperti emas atau perak menambahkan tampilan mewah yang cocok dengan dekorasi formal atau modern. Anda juga bisa memilih cermin dengan bingkai tembaga untuk mendapatkan sensasi klasik. Dengan pewarnaan alami logam anda akan mendapatkan gaya klasik yang kental. Anda bisa mendapatkan cermin bingkai tembaga dengan gaya klasik di pusat kerajinan tembaga CopperLeluhur.Com

Tips Mendekorasi Ruangan Dengan Cermin Dinding Hias

Cermin Dinding Hias
Cermin oval. Sumber Unsplash

Anda bisa menggunakan cermin dinding sebagai focal point, melengkapi dekor yang ada, membuat ruangan tampak lebih besar, dan mencerahkan ruang yang terlihat remang remang dengan memantulkan cahaya alami cermin. Inilah tips mendekorasi ruangan dengan cermin hias.

  • Pada ruangan dengan dinding besar, letakkan dua cermin persegi panjang berdampingan.
  • Buat dinding fitur dengan satu set cermin, masing-masing dengan desain berbeda.
  • Untuk lorong yang gelap bisa dipasang serangkaian cermin tanpa bingkai yang ditumpuk.
  • Untuk kesan ruangan luas bisa dengan memasang cermin besar di dinding seberang.
  • Pada ruangan dengan membujur dan lurus, pilih cermin oval dengan bingkai rumit.

Itulah beberapa cara memilih dinding hias untuk dekorasi rumah anda. Anda bisa memilih cermin dinding hias dengan pertimbangan seperti uraian di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya tentang kelebihan kubah masjid berbahan tembaga. Terima kasih.

Leave a Comment

WhatsApp chat